Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Petunjuk Ringkas SPSS


PETUNJUK RINGKAS SPSS UNTUK UJI PARAMETRIK DAN NON PARAMETRIK

I.  Entry Data:

Menu pertama yang tersaji saat Anda membuka SPSS for Windows adalah SPSS data Editor berikut ini:


Di bagian bawah terdapat kata Data Views dan Variable Views.  Jika di-click Data Views, maka akan tersaji windows Data Views, seperti di layar atas, yang digunakan untuk entri data Anda.  Perlu diketahui bahwa data yang akan dianalisis dengan metode statistika, haruslah berupa data numerik.  Jika data Anda kategorik, maka perlu dikonversi terlebih dulu menjadi numerik, misalkan 1 untuk Laki-laki, dan 0 untuk Perempuan.  Satu kolom untuk data 1 variabel. 

Jika di-click Variable Views, maka akan tersaji windows Variable Views, seperti terlihat di bawah ini.


Windows Variable Views di atas digunakan untuk mendefinisikan masing-masing variabel,  misalnya :
·         Name  digunakan untuk menentukan nama variabel, maksimal 8 karakter, diawali dengan huruf.
·         Type, ada banyak pilihan type variabel, untuk analisis statistika pilih Numeric
·         Width dan Decimal  untuk variabel tersebut dapat ditentukan banyaknya
·         Label untuk memperjelas nama variabel, mengingat pada Name hanya terbatas 8 karakter.
·         Values digunakan untuk mendefinisikan data kategorik (menunya tersaji di atas). Misalkan, 2=Laki-laki dan 1=Perempuan


II.  ANALISIS NON PARAMETRIK

2.1.  UJI MANN-WHITNEY

Uji Mann-Whitney membutuhkan dua variabel, satu variabel untuk Data Variabel Y, satu lagi untuk mendefinisikan kategori sampel (populasi).   Selanjutnya Anda cukup click Analyze, lalu Nonparametric Statistics, kemudian 2 Independent Samples.  Maka akan tersaji menu Two Independent Samples Tests  (terlihat di bawah).  Kemudian Anda click variabel Y tersebut pada tanda panah Test Variable List, dan click variabel definisi sampel pada Grouping Variable, lalu click Define Groups untuk menentukan nilai kategori sampel.  Kemudian click  Mann-Whitney, dan terakhir click OK, maka hasilnya akan tersaji di menu Output SPSS.



2.2.  UJI KRUSKAL-WALLIS


Uji Kruskal-Wallis membutuhkan dua variabel, satu variabel untuk Data Variabel Y, satu lagi untuk mendefinisikan kategori sampel (populasi).   Selanjutnya Anda cukup click Analyze, lalu Nonparametric Statistics, kemudian k Independent Samples. 

Maka akan tersaji menu Test for Several Independent Samples  (terlihat di bawah).  Kemudian Anda click variabel Y tersebut pada tanda panah Test Variable List, dan click variabel definisi sampel pada Grouping Variable, lalu click Define Groups untuk menentukan nilai kategori sampel.  Kemudian click  KruskalWallis, dan terakhir click OK, maka hasilnya akan tersaji di menu Output SPSS.



2.3.  UJI TANDA

Anda cukup click Analyze, lalu Nonparametric Statistics, kemudian 2 Related Samples.  Maka akan tersaji menu Two Related Samples  Test (terlihat di bawah). 

Kemudian Anda click dua variabel yang akan dibandingkan pada tanda panah Pair Test(s) List,  kemudian click  Sign, dan terakhir click OK, maka hasilnya akan tersaji di menu Output SPSS.


                                                                                                           
2.4.  UJI FRIEDMAN


Anda cukup click Analyze, lalu Nonparametric Statistics, kemudian k Related Samples.  Maka akan tersaji menu Test for Several Related Samples (terlihat di bawah). 

Kemudian Anda click k variabel yang akan dibandingkan pada tanda panah Pair Test(s) List,  Kemudian click  Friedman, dan terakhir click OK, maka hasilnya akan tersaji di menu Output SPSS.




2.6.  UJI CHI-SQUARE
 
Anda click Analyze, lalu Descriptif Statistics, kemudian Crosstabs.  Kemudian akan tersaji menu Crosstabs  (terlihat di bawah).  Variabel yang dijadikan baris Anda Click ke tanda panah kanan pada Rows, dan variabel yang dijadikan kolom Anda click ke tanda panah kanan pada Coloums. 

Lalu click Statistics kemudian Chi-Square agar dilakukan uji Chi-Square pada Crosstabs yang terbentuk.  Terakhir click Ok, maka hasilnya akan tersaji.



2.7.   KOEFISIEN KORELASI RANK SPEARMAN
                                     
Anda hanya perlu meng-click Analyze, lalu Correlate, kemudian Bivariate.  Akan muncul Menu Bivariate Correlation (tersaji di bawah), selanjutnya Anda tinggal meng-click dua variabel yang akan dikorelasikan pada tanda panah kanan. 

Lalu click Spearman untuk koefisien korelasi Spearman.  Laku click Ok, maka hasilnya akan tersaji.



III.  ANALISIS PARAMETRIK

3.1.   ANALISIS REGRESI

Setelah selesai entry data, selanjutnya Anda hanya perlu meng-click Analyze, lalu Regression, kemudian Linear.
 


Akan muncul Menu Linear Regression (tersaji di bawah).  Selanjutnya Anda diminta  mengisi Dependent, dengan meng-click Variabel Dependent, dan mengisi Independent, dengan meng-click semua Variabel Independent yang ada pada kasus Anda.  


Kemudian click Statistics, maka akan tersaji Menu Linear Regression: Statistics  (di bawah ini).  Lalu anda bisa pesan berbagai Statistics, sesuai dengan yang diinginkan.  Kemudian click Continue.


Kemudian click Save, maka akan tersaji Menu Linear Regression: Save  (di bawah ini).  Anda bisa pilih berbagai hasil perhitungan agar disimpankan untuk Anda..  Selanjutnya click Continue.


Kemudian click Plots, maka akan tersaji Menu Linear Regression: Plots  (tersaji di bawah ini).  Selanjutnya Anda tinggal meng-click Plots apa saja sesuai dengan keinginan.  Kemudian click Continue.


Lalu akhiri dengan meng-click Ok, maka hasilnya akan tersaji di Windows Output.


3.2.   ANALISIS DISKRIMINAN

Setelah selesai entry data, selanjutnya Anda hanya perlu meng-click Analyze, lalu Classify, kemudian Discriminant.  


Akan muncul Menu Discriminant Analysis (tersaji di bawah).  Selanjutnya Anda diminta  mengisi Grouping Variable, dengan meng-click Variabel Dependent, dan mengisi Independent, dengan meng-click semua Variabel Independent yang ada pada kasus Anda.   



Selanjutnya click DefineRange, akan tersaji Menu Discriminant Analysis: Defi.... (seperti di bawah ini).  Lalu anda diminta mengisi Nilai Minimum dan Maksimum data Variabel  Dependent.  Kemudian click Continue.  


Kemudian click Statistics, maka akan tersaji Menu Discriminant Analysis: Statistics  (di bawah ini).  Lalu anda bisa pesan berbagai Statistics, sesuai dengan yang diinginkan.  Kemudian click Continue.



Kemudian click Classify, maka akan tersaji Menu Discriminant Analysis: Classification  (tersaji di bawah ini).  Lalu click Compute from group sizes.  Kemudian anda bisa click Plot  Territorial Map.  Selanjutnya click Continue.


Kemudian click Save, maka akan tersaji Menu Discriminant Analysis: Save  (di bawah ini).  Anda bisa pilih berbagai hasil perhitungan agar disimpankan untuk Anda..  Selanjutnya click Continue.



Lalu akhiri dengan meng-click Ok, maka hasilnya akan tersaji di Windows Output.

Saat ini sudah banyak tersedia versi terbaru dari SPSS. Akan tetapi secara umum untuk analisis dengan menggunakan SPSS tidak jauh berbeda untuk versi-versi sebelum maupun sesudahnya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar