Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Putih Abu-Abu


Putih Abu-Abu

Setelah bingung mau nulis apa, eh ada ide untuk bercerita tentang masa-masa SMA. Delapan tahun yang lalu saya diterima di salah satu SMA di kota Madiun di Jawa Timur. Yap, saya diterima di SMA Negeri 1 Kota Madiun atau yang biasa disebut SMASA (singkatan dari nama sekolah) pada tahun 2005. Proses pendaftaraanya cukup rumit dan penuh kompetisi karena saya berasal dari SMP Kabupaten, jadi jatah kursi di SMA Kota sangat terbatas. Tapi, Alhamdulillah dengan nilai UAN SMP yang saya peroleh dapat mengantarkan saya masuk ke SMA N 1 Madiun. Awalnya saya tidak ada rencana untuk masuk ke SMA ini, akan tetapi entah kenapa saya seperti sudah dituntun untuk masuk ke sekolah ini yang notabene juga bekas sekolah bapak saya. Saya pun tidak pernah menyesal masuk di sekolah ini.


(1) Logo SMAN 1 Madiun
Ada beberapa fakta menarik di sekolah SMA N 1 Madiun ini yang mungkin tidak ada di sekolah lain. Let’s cekidot!!!!

1. Jam masuk paling awal (Paling Pagi)

Jam masuk sekolah di SMA ini adalah jam 06.30 WIB dan itu tepat gak lebih dan gak kurang. Di saat teman-teman dari sekolah lain masih dengan santainya menyantap sarapan di rumah, saya dan teman-teman saya sudah harus mengikuti pelajaran di kelas. Jarak tempuh dari rumah saya ke sekolah sekitar 30 menit jadi paling tidak saya harus berangkat pukul 6 pagi.

Ada enak ada enggaknya sih tapi ada banyak manfaat yang bisa diperoleh, pertama: dapat melatih bangun pagi, kedua: udaranya masih segar dan belum terlalu panas, dan ketiga (the most important thing) : menghindari kepadatan lalu lintas.

2. Disiplin sangat ketat

Disiplin di sekolah ini sangat ketat ditambah lagi dengan adanya tim tata tertib (Tatib) yang sadis parah. Yang sering dilakukan oleh Tim Tatib ini adalah razia rambut untuk cowok. Tim Tatib ini tak segan-segan menggunting rambut siswa yang tidak rapi. Pada saat upacara bendera pun seakan-akan menjadi mangsa empuk bagi Tim Tatib kalau ada siswa yang tidak berpakaian lengkap sesuai aturan. Dimanapun anda bersembunyi, pasti tim tatib akan menemukan anda. Tapi untuk penggunaan sepatu hanya diwajibkan bewarna hitam pada hari senin saja sedangkan selain hari senin diperbolehkan menggunakan sepatu kets warna apapun. Yang wajib ada setiap hari yaitu dasi.

3. Sistem Poin

Mungkin sistem poin ini ada di setiap sekolah namun disini lebih sadis. Setiap pelanggaran yang tertera dalam buku saku siswa terkena poin pelanggaran. Penetapan poin kesalahan ini berdasarkan berat atau tidaknya pelanggaran dan sudah tertera secara lengkap di buku saku tersebut termasuk bentuk pelanggarannya. Poin kesalahan paling ringan bernilai 3 poin dan yang palin berat 30 poin. Dalam satu tahun, poin kesalahan yang diperoleh maksimal 30 poin. Lewat dari batas tersebut, siswa terancam DO (drop out). Poin tersebut akan hangus untuk tahun berikutnya. Untuk keterlambatan saja memperoleh 3 poin, jadi 10 kali terlambat saja sudah dipastikan anda dalam bahaya.
Buku Saku

4. Fasilitas

Dari segi fasilitas, SMASA cukup lengkap. Fasilitas aula, laboratorium (fisika, kimia dan biologi, komputer), perpustakaan, mushola, ruang audio visual, dan fasilitas lainnya sudah tersedia dengan baik. Bahkan setiap kelas dilengkapi dengan televisi dan DVD player. Inilah yang menyenangkan karena ketika jam istirahat atau jam kosong, saya dan teman-teman dapat memanfaatkannya untuk memutar MP3 atau nonton Film.

Kegiatan ekstrakurikulernya juga tak kalah seru. Ada banyak ekstrakurikuler yang bisa diikuti mulai dari seni, olahraga, kerohanian, akademik, dan OSIS tentunya. Dulu sih tim basketnya terkenal dimana-mana karena sering meraih juara. Ada juga Marching Band yang tak kalah kerennya.

5. Moving Class

Sejak tahun ke dua saya di SMA, SMASA telah menerapkan moving class. Setiap mata pelajaran memiliki ruang masing-masing, jadi kegiatan belajar tidak dilakukan pada satu ruang yang sama dalam satu hari tetapi dapat berpindah-pindah sesuai dengan kelas mata pelajaran. Sistem ini lebih mirip seperti perkuliahan di Universitas karena ruang belajar berpindah-pindah. Dengan sistem ini, kita tidak kaget lagi ketika masuk ke jenjang perguruan tinggi.

Hal yang paling seru adalah ketika ujian baik ujan harian maupun ujian semester. Karena ruangan yang berpindah-pindah dan tempat duduk sesuka hati, sering kali terjadi balapan liar antar siswa untuk memperebutkan posisi tempat duduk terbaik di ruang ujian. Tempat duduk barisan tengah ke belakang merupakan sasaran utama ketika ujian. Yah, siapa cepat dia yang dapat.

6. Sholat Jum’at dan Sholat Tarawih

SMASA selalu rutin mengadakan sholat jumat di sekolah bertempat di aula sekolah. Ada kelas yang wajib mengikuti sholat jumat di sekolah yang digilir setiap minggunya. Ketika sholat jumat ini dibagikan kupon sholat jumat yang wajib diserahkan kepada guru agama sebagai bagian dari penilaian mata pelajaran agama islam. Ada minimal kupon yang harus di serahkan kepada guru agama tersebut tetapi jumlahnya saya lupa berapa persisnya. Sholat jumat ini tidak hanya diikuti oleh siswa laki-laki saja tetapi banyak juga siswa perempuan yang mengikuti sholat jumat dan juga para guru.

Selain sholat Jumat rutin diselengarakan di sekolah, pada bulan puasa juga diadakan sholat tarawih di sekolah. Sama halnya dengan sholat jumat tersebut, sholat tarawih ini juga sudah terjadwal untuk setiap kelas dan sudah pasti masuk penilaian mata pelajaran agama islam.

7. Gedung Sekolah dan Halaman Sekolah

SMASA memiliki gedung utama yang terdiri dari 3 lantai. Lantai 1 digunakan untuk kantor kepala sekolah dan wakil kepala sekolah dan ruang kelas untuk kelas XII. Lantai dua untuk ruang kelas kelas X dan lantai 3 untuk aula, lab komputer dan lab bahasa. Gedung utama ini merupakan gedung tua karena sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda dan masih berdiri kokoh hingga saat ini.

Halaman depan SMASA sangat luas dan sangat rindang. Di halaman ini ditumbuhi banyak pohon cemara dengan pohon tang tinggi dan daun yang lebat sehingga membuat suasana nyaman dan rindang. Pohon cemara ini juga sudah berumur puluhan tahun. Gedung dan Pohon Cemara ini merupakan ikonik dari SMASA.

Itulah kondisi SMASA tahun 2005-2008, mungkin SMASA yang sekarang jauh lebih baik daripada yang dulu. Sudah lama tidak lagi ke SMASA,, semoga lain waktu ada kesempatan untuk mengunjungi Sekolah Almamter saya itu.

Sumber gambar :


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

5 komentar:

Just HAI, simple mengatakan...

daaaannn gue pernah kesana!! angkerrr tapi yang diatas, hahaha
dan yang paling berkesan adalaahhh.... PENTOL!! yeeaahhh
hahahahaha

admin mengatakan...

wahh Sma 1 madiun punya blog ya.

Haris Fatori Aldila mengatakan...

Emang angker, gw aja pernah mengalami hal-hal mistis hehehe

Dwi Purwanto mengatakan...

Wah keren Sekolahnya

Unknown mengatakan...

Aku alumni SMASA lulus 1991. Emang banyak cerita unik, lucu, horor, mendebarkan, konyol, nano nano lah terukir disana... Asyik lah pokoknya, nggak hanya siswanya, gurunya, lingkunganya...semua asyik.

Posting Komentar